Sunday, July 14, 2013

Installasi WebMail

Installasi WebMail



Web Mail

Webmail adalah email client yang menggunakan halaman Web sebagai media untuk mengelola email dari sisi client, jika pengguna pernah melihat email Yahoo, Gmail ataupun Hotmail. Mereka juga menggunakan webmail sebagai email client untuk setiap penggunanya. Kelebihan dari webmail ini adalah  kemampuannya untuk diakses dari mana saja di seluruh dunia asalkan pengguna tetap terkoneksi ke internet. 

Fasilitas yang tersedia dalam WebMail:

1.      Mengirim Email
2.      Membaca Email
3.      Membalas Email
4.      meneruskan Email
5.      Menyimpan Email
6.      Mencatak Email

Untuk membuat mail client yang berbasis web, tentunya membutuhkan CMS ( Content Management System ) yang dikhususkan untuk webmail. Diantaranya adalah Squirrelmail.

Installasi dan Konfigurasi

Installasi

Dalam pambahasan kali ini, pengguna akan mencoba untuk menginstallasi paket Squirrelmail, biasanya paket Squirremail ini sudah ada dalam DVD, namun jika ternyata di DVD yang pengguna punya tidak ada paket Squirrelmailnya maka pengguna terlebih dahulu mendownload paket tersebut di internet, setelah memiliki paket Squirrelmail, maka di install paket tersebut, sebelumnya rubah permission dari paket tersebut menjadi 777:

root@server:/etc/package# chmod 777 squirrelmail_1.4.21-2_all.deb
root@server:/etc/package# dpkg –i squirrelmail_1.4.21-2_all.  #installasi paket dengan extension .deb
root@server:/etc/package# apt-get install -f
root@server:~# apt-get install squirrelmail              #jika peket sudah terdapat di DVD

Konfigurasi

Setelah peket Squirrelmail terinstall, maka secear default, paket Squirrelmail ini akan di letakan pada directory /usr/share/squirrelmail, agar Squirrelmail yang pengguna install dapat di akses melalui web browser, maka kita harus membuat virtual host untuk Squirrelmail, namun pengguna tidak perlu repot-repot membuat virtual host baru, karena Squirrelmail sudah membuatnya.

Tambahkan di paling bawah script Include berikut pada file apache2.conf. dengan cara:

root@server:~# nano /etc/apache2/apache2.conf

#Include the Virtual host configurations:
Include sites-enable/
Include /etc/squirrelmail/apache.conf                                 #tambahkan script ini
   

setelah mengedit file apache2.conf, restart apache dengan cara:

root@server:~# /etc/init.d/apache2 restart

lalu ketikan perintah squirrelmail-configure

root@server:~# squirrelmail-configure

Squirrelmail-configure ini berguna untuk mengkonfigurasi Squirrelmail seperti mensetting server, themes, database dan sebagainya.

Setelah itu pilih options d untuk menentukan IMAP server, banyak pilihan untuk IMAP server ini seperti courier, dovecot, cyrus dan lain sebagainya, namun dalam pembahasan ini saya menggunakan dovecot, untuk memilih dovecot, caranya sebagai berikut:

Command >> dovecot

Lalu enter, setelah itu pilih options Suntuk mensave settingan tersebut, pilih options Q untuk keluar dari Squirrelmail Configration

Pengujian Via Windows
Pengujian Squirrelmail ini akan dilakukan melalui web browser. Baik dari server localost, ataupun dari sisi client. Pada web browser, arahkan URL ke http://www.danker.com/squirrelmail

Installasi WebMail

Installasi WebMail

No comments:

Post a Comment